Pada Acara Haul Ke 45, Bupati Rocky Kunjungi Darussaa’dah - news bidikaceh
Headlines News :
Home » » Pada Acara Haul Ke 45, Bupati Rocky Kunjungi Darussaa’dah

Pada Acara Haul Ke 45, Bupati Rocky Kunjungi Darussaa’dah

Written By Unknown on Rabu, 24 Juli 2013 | 02.18

NEWS BIDIK ACEH - IDI RAYEUK, ACEH TIMUR  
Untuk memeriahkan acara Haul (peringatan) Dayah Darussa’dah ke 45, Bupati Hasballah M Thaib alias Rocky bersama jajarannya berkunjung ketempat dimana terjadinya pelaksanaan Haul ke 45 tersebut. “Pada kesempatan itu, Bupati yang kerap disapa dengan panggilan Rokcy itu menyampaikan sekilas wejangan dengan mengatakan, bahwa belakangan ini di Aceh mulai ditemui eksperimen (percobaan) adanya upaya pendangkalan aqidah umat dalam kesatuan umat Islam, bahkan menjurus kepada mengalihkan aqidah seseorang ke agama yang lain. “oleh karena itu sebelum persoalan ini bertambah rancu dan parah, maka diharapkan kepada seluruh masyarakat Aceh Timur agar selalu bersatu untuk membentengi diri dari pengaruh negatif para pelaku yang tidak bertanggung jawab itu.
Benteng dimaksud kita lakukan melalui peningkatan dan pemahaman ilmu akidah keimanan dan amal ibadah yang hakiki. “ demikian sebut Bupati Aceh Timur, Hasballah Bin M. Thaib disela-sela sambutannya di acara Haul Dayah Darussaa’dah Tepin Raya Ke-45, selasa (25/6) di Gampong Seunebok Aceh, Kecamatan Darul Aman.
Lebih lanjut dikatakannya, umat islam harus mampu membentengi diri sedini mungkin agar tidak gampang terpengaruh dengan bujukan pihak tertentu yang bermaksud ingin mengalihkan akidah masyarakat Aceh, sampai hari ini terbilang mayoritas masih Islami. “Justru itu kita mesti bersatu membentengi diri dengan cara terus belajar dan mendidik putra/putri kita dilingkungan Dayah.
Bupati juga mengajak para hadirin untuk meneladani kehidupan pendiri Dayah Darussaa’dah, Tengku Muhammad Ali Irsyad atau yang akrab disapa Abu Lampoh Pala yang selama ini terus menyiarkan penyebaran agama islam dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian serta keadilan.
Bupati juga menceritakan bahwa sejarah singkat tentang riwayat Abu Lampoh Pala merupakan salah satu Ulama Besar di Aceh, dan diakui bahwa Dayah Darussaa’dah pertama kali didirikan oleh Abu Lampoh Pala di Gampong Teupin Raya, Kecamatan Geulumpang Tiga Pidie.
Saat ini Dayah tersebut telah melahirkan para santri yang sangat berpotensi, generasi muda calon Ulama dan bisa juga mengarah menjadi cendikiawan Muslim. “Bahkan Dayah tersebut telah memiliki 115 pengembangan, baik untuk tingkat cabang maupun ranting yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia, bahkan hingga sasaran luar negeri,” ungkap Bupati.
Karena itu, lanjut Bupati, pada momentum Haul Darussaa’adah ini, Saya mengajak seluruh lapisan elemen kelembagaan dan masyarakat Aceh Timur untuk meningkatkan kualitas pendidikan islam, “mari kita tingkatkan kerjasama dengan berbagai pihak agar dapat menelusuri berbagai misi dalam peningkatan kualitas pendidikan islam dengan memberikan perhatian besar pada visi dayah ini sebagai mengimbangi kemajuan dan perkembangan zaman yang tetap berlandaskan Al Qur’an dan Hadist,” tuturnya.

Acara tersebut dihadiri Perwakilan YPI Darussaa’dah Teupin Raya Aceh, Tgk. H. Said Abdullah, Pimpinan Dayah Darussaa’dah Idi Cut, Tgk. Saiful Anwar, unsur Muspida Plus, Sekretaris Daerah, Kepala SKPK, Kepala Kementerian Agama, Ulama Kabupaten Aceh Timur serta tokoh masyarakat setempat.  (k21/jebo)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Download e-paper

Download Button

SUMUT

SUMUT
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. news bidikaceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template